Download Contoh Makalah Pengantar Ilmu Pariwisata


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Obyek wisata yang ada di Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda bila dibanding dengan negara lain. Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan baik dari segi keindahannya maupun adat istiadat yang ada di daerah tersebut sehingga menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Mayoritas wisatawan berkunjung ke objek wisata pada saat akhir pekan dan musim liburan. Hal ini dilakukan untuk memberikan waktu istirahat atau penyegaran jasmani dan rohani setelah disibukkan dengan segala aktivitas, baik rutinitas pekerjaan maupun kegiatan lainnya.
    Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas objek wisata yang berbeda. Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sendiri, kebanyakan berunsur wisata budaya dan pemandangan alam. Salah satu contohnya adalah wisata budaya di kawasan Taman Sari. Bila dibandingkan dengan objek wisata budaya lainnya di Yogyakarta, Taman Sari tergolong unik karena sebenarnya merupakan bangunan berupa istana air yang terapung, dan digunakan sebagai pesanggrahan atau tempat singgah Sri Sultan Hamengku Buwono I sampai III. Oleh karena keunikannya itu, penulis berminat untuk mengetahui lebih dalam mengenai Taman Sari, khususnya pada aspek tingkat kunjungan pada saat libur hari raya.

 1.2  Rumusan Masalah
     Masalah yang akan penulis ungkapkan pada makalah ini adalah :
  1. Bagaimana tingkat kunjungan di Taman Sari, khususnya pada libur hari raya?
  2. Apakah dampak objek wisata Taman Sari terhadap masyarakat sekitar objek wisata?

1.3  Tujuan Penulisan
Makalah ini disusun dengan tujuan :
  1. Untuk mengetahui tingkat kunjungan di Taman Sari, khususnya pada libur hari raya
  2. Untuk mengetahui dampak objek wisata Taman Sari terhadap masyarakat sekitar objek wisata

1.4  Manfaat Penulisan
1. Bagi penulis
    a. Menambah pengetahuan dalam destinasi wisata
    b. Memperdalam ilmu pengetahuan di bidang ilmu pariwisata
2. Bagi pembaca
                Sebagai bahan referensi bagi pembaca, khususnya di bidang ilmu pariwisata dan menambah pengetahuan objek wisata bagi pembaca.
3.    Bagi masyarakat
Agar dapat mengetahui lebih dalam mengenai objek wisata Taman Sari, khususnya dampak terhadap masyarakat setempat.

1.5  Metodologi Penulisan
    Dalam penulisan makalah ini, penulis menggunakan metode sebagai berikut :
1.    Studi Pustaka, yaitu dengan menggunakan media internet dan mempelajari referensi yang berkaitan dengan wisata budaya
2.    Observasi, yaitu memperoleh data dengan melakukan pengamatan langsung ke obyek wisata



BAB II
LANDASAN TEORI

2.1    Pengertian Pariwisata
Menurut H.Kodhyat (1983:4), Pariwisata adalah perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain, bersifat sementara, dilakukan perorangan maupun kelompok, sebagai usaha mencari keseimbangan atau keserasian dan kebahagiaan dengan lingkungan hidup dalam dimensi sosial, budaya, alam dan ilmu.
Menurut Richard Sihite dalam Marpaung dan Bahar (2000:46-47), pengertian Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan orang untuk sementara waktu, yang diselenggarakan dari suatu tempat ke tempat lain, meninggalkan tempatnya semula, dengan suatu perencanaan dan dengan maksud bukan untuk berusaha atau mencari nafkah di tempat yang dikunjungi, tetapi semata-mata untuk menikmati kegiatan pertamasyaan dan rekreasi atau untuk memenuhi keinginan yang beraneka ragam.

2.2    Pengertian Objek Wisata
Menurut S. Nyoman Pendit (2002), obyek wisata atau tempat wisata adalah sebuah tempat rekreasi atau tempat berwisata. Obyek wisata dapat berupa obyek wisata alam seperti gunung, danau, sungai, pantai, laut, atau berupa obyek wisata bangunan seperti museum, benteng, situs peninggalan sejarah, dan lain-lain.
Menurut Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 9 tahun 1990 tentang Kepariwisataan , ada dua jenis objek dan daya tarik wisata , yaitu (1) objek dan daya tarik wisata ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang berwujud keadaan alam, flora dan fauna; dan (2) objek dan daya tarik wisata hasil karya manusia yang berwujud museum, peninggalan purbakala, peninggalan sejarah, seni budaya, wisata agro, wisata tirta, wisata buru, wisata petualangan alam, taman rekreasi dan tempat hiburan.
 Berdasarkan dari landasan teori tersebut, maka objek wisata Taman Sari Yogyakarta dapat dikategorikan sebagai objek wisata peninggalan sejarah. Karena Taman Sari merupakan bangunan kuno dan peninggalan dari Sri Sultan Hamengku Buwono I.






File Lengkapnya Bisa Di Download di Bawah Ini:

Download File PDF/Docx



Penelusuran yang terkait dengan makalah pariwisata
  • makalah pariwisata lombok
  • makalah pariwisata jawa tengah
  • makalah pariwisata bali
  • judul makalah tentang pariwisata
  • makalah pariwisata jakarta
  • makalah pariwisata malang
  • makalah pariwisata makassar
  • makalah pariwisata bahari

0 Response to "Download Contoh Makalah Pengantar Ilmu Pariwisata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->