Cara Menerima Pesanan Banquet Event Dari Tamu Secara Lengkap

Admin
0

Materi Perhotelan - Revenue terbesar hotel selain kamar adalah food and beverage, terutama pada banquet outlet. Mengapa demikian? Karena banquet merupakan bagian dari salah satu food and beverage department yang bertanggung jawab atas semua event yang berlangsung.
Apa saja eventnya ? biasanya event yang sering ada di banquet biasa kita kenal dengan istilah MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exebition). Selain itu juga sering terdapat party, seperti wedding, ulang tahun, gathering dan acara sosial lainnya.
 

Jika kita sebagai marketing hotel menerima suatu event dari client apa yang harus dilakukan? Yang harus dilakukan oleh seorang staf marketing adalah menerima order tersebut.
Bagaimana cara menerima order Banquet event order?
Cara menerima order Banquet Event :
  1. Sebelum menerima order dari client ada beberapa hal yang harus diperhatikan seorang departemen sales and marketing didalam menyusun sebuah Banquet Event Order. marketing didalam menyusun sebuah Banquet Event Order. Yang harus diperhatikan adalah  Jumlah pax yang diorder oleh client. Jumlah pax yang diorder oleh client sebagai pedoman divisi kitchen untuk membuat menu. Jumlah pax sering dianggap sebagai jumlah peserta di dalam sebuah banquet event. Selain sebagai pedoman, jumlah Pax yang diorder oleh client digunakan oleh pengelola banquet untuk menyusun setting layout meja. Waktu pelaksanaan Banquet Event Waktu pelaksanaan Banquet event dari client juga harus diperhatikan supaya karyawan dalam hal ini staf F& B Service yang bertugas mengelola banquet dapat mengatur persiapan seperti setup layout meja, setup sound system, setup cofe break. Selain itu dengan menyusun schedule Banquet Event, departemen sales and marketing akan mudah untuk memanage order-order dari client yang masuk Menu Di dalam menyusun sebuah menu yang akan digunakan sebagai paket banquet event departemen Sales and marketing bisa berdiskusi dengan head chef. Menu yang berdasarkan dari hasil diskusi tersebut yang akan disajikan oleh client, akan tetapi pihak client bisa memilih menu sendiri sesuai dengan keinginannya apabila client merasa kurang cocok dengan menu yang ditawarkan
  2. Order dari client yang berhasil didapatkan oleh staf sales and marketing hotel, dituangkan ke dalam Banquet Event Order sebagai dasar pedoman departemen sales and marketing didalam mengkomunikasikan kepada departemen F&B selaku pengelola meeting room dan kepada Departemen lain seperti Engineering yang bertugas mempersiapkan peralatan dan kelistrikan, departemen Accounting yang bertugas untuk melakukan transaksi pembelian terkait dengan bahan-bahan yang akan diolah sebagai menu, dan kebutuhan lainnya, departemen Housekeeping yang bertugas untuk memperindah dan mempercantik venue yang akan digunakan. Selain itu, BEO dijadikan acuan oleh Banquet Manager untuk mempersiapkan SDM yang akan diterjunkan untuk melayani client selama penyelenggaraan event berlangsung. Intinya setelah BEO sudah disetujui oleh DOSM ( Directur of Salem Manager), BEO tersebut diedarkan ke seluruh department sebagai informasi bahwa akan ada event. dan tugas-tugas semua department terkait juga tertera dalam BEO tersebut.
  3. Setelah BEO selesai, selanjutnya diproses ke dalam Daily Event Summary. Daily Event Summary adalah daftar event yang dibuat sebagai gambaran event dalam satu minggu yang berisi jumlah tamu (pax),waktu penyelenggaraan acara, nama ruang atau meeting room yang akan digunakan,dan informasi lainnya yang yang bertujuan untuk mempersiapkan segala yang yang bertujuan untuk mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan serta sumberdaya manusianya Itulah tiga langkah cara menerima order Banquet Event dari client.
Di dalam menerima order berupa Banquet Event yang harus diutamakan adalah komunikasi, baik komunikasi antar staf, komunikasi dengan departemen lainnya, maupun komunikasi dengan client sehingga tidak terjadi miskomunikasi yang dapat mempengaruhi kelancaran didalam melayani kebutuhan client selama menyelenggarakan event di hotel. Pada saat ini pengedaran BEO secara manual sudah jarang dilakukan, untuk menghemat sampah (kertas), beberapa hotel hanya menerapkan dengan mengedarkan email BEO keseluruh department. Hal ini juga dapaat menghemat waktu kerja para karyawan.



Penelusuran yang terkait dengan CARA MENERIMA PESANAN BANQUET EVENT DARI TAMU
  • contoh banquet event order
  • banquet event order wedding
  • identifikasi jenis-jenis alat bantu umum pada penyelenggaraan ruang seminar
  • manfaat dan peranan banquet bagi manajemen karyawan dan tamu
  • kegiatan pra event di banquet
  • fungsi banquet
  • banquet operation
  • banquet event order pdf

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close