close

Tugas pokok room service, Prosedur Pelayanan Dalam Room Service dan Tata Cara Pelayanan di Kamar Tamu

Di sebuah hotel, baik itu hotel yang besar maupun hotel yang kecil, pada umumnya terdapat restoran dan bar. Di tempat itu, para tamu dapat membeli dan menikmati makanan. Selain itu ada beberapa tamu yang ingin menikmati makanan dan minuman di kamarnya sendiri. Oleh karna itu biasanya di dalam sebuah hotel ada satu bagian yang disebut room service.
     Fungsi room service, pada pokoknya, sama dan sejalan dengan restoran dan bar. Bila restoran dan bar menjual dan menyajikan makanan dan minuman di ruang khusus restoran dan bar, maka room service melayani di kamar-kamar hotel Dalam hal ini termasuk mengambil pesanan (taking order), menyiapkan dan menyajikan di kamar, serta mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar.
Room service juga bertujuan untuk mendapatkan dan meningkatkan keuntungan (laba) hotel. Oleh karena itu, keterampilan dalam pelayanan harus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan.


Operasi Room Service 

pada umumnya, room service beroperasi selam satu hari penuh. Bagian ini siap menyajikan makanan dan minuman untuk sarapan pagi (breakfast), makan siang (lunch), dan makan malam (dinner and supper). Puncak kesibukan di room service biasanya terjadi pada waktu makan pagi.
Disamping operasi tersebut, room service juga melaksanakan tugas-tugas tertentu, misalnya:
  1. Mempersiapkan buah-buahan, minuman, dan lain-lainya di kamar VIP atau kamar-kamar tertentu (president rooms). 
  2. Melaksanakan pesanan makan dan minum tamu (lunch boxes) untuk keperluan tamu selama berekreasi.

Tugas pokok room service sama seperti restoran dan bar, meliputi:           

  • Preparation, yaitu menyiapkan dan mengatur segala peralatan yang diperlukan, termasuk ruang kerja, serta menjaga agar segala sesuatunya siap dan cukup untuk dipakai selama beroperasi; 
  • Order taking, yaitu mengambil dan mencatat pesanan tamu secara tepat, baik yang langsung melalui telepon maupun yang melalui door knob menu; 
  • Service, yaitu menyajikan makanan dan minuman secara tepat dan benar, baik mengenai jenis dan jumlah hidangan, waktu dan nomor kamar yang memesan maupun alat yang dipergunakan; 
  • Clear up, yaitu mengambil serta memeriksa semua alat-alat room service yang telah digunakan untuk selanjutnya membawa ke tempat pencucian.
Bagian room service juga bekerja sama dengan kitchen (cook), bar (bartender), steward (dishwasher), housekeeping (room boy/maid), dan front office (bellboy). Terciptanya suasana kerja yang baik dan harmonis antar bagian tersebut akan meningkatkan produktifitas kerja, lebih tepat dan efisien. Pelayanan yang baik kepada tamu akan lebih menjamin kepuasan tamu sehingga meningkatkan hasil penjualan dan keuntungan hotel.

Prosedur pelayanan dalam room service

  1. Tamu memesan hidangan dapat melalui telepon atau doorknob menu.
  2. Order taker menuliskan pesanan tamu ke order slip (order slip terdiri dari tiga rangkap, yang didistribusikan ke dapur atau ke bar, kasir, serta ke pramusaji).
  3. Pramusaji menyiapkan pesanan tamu di dapur (kitchen) yang disesuaikan dari order slip, atau ke bar (service bar) jika tamu memesan minuman yang mengandung alkohol. Letak dari service bar di antara room service station dengan dapur. Dan service bar tersebut tidak melayani tamu secara langsung.
  4. Jika makanan sudah siap dari dapur, maka hidangan di bawa kembali ke room service station untuk diperiksa kembali apakah sudah sesuai dengan pesanan tamu, setelah itu pramusaji juga melengkapi alat makan, serta makanan penyertanya atau bumbu penyedapnya (condiment), seperti sambal sauce tomat, tabasco, dan lain-lain.
  5. Setelah siap, prmusaji ke kasir (room service cashier) untuk mengambil guest bill dan menstempel guest bill jam pengantaran makanan ke kamar tamu.
  6. Hidangkan diantar ke kamar tamu.

Tata cara pelayanan di kamar tamu

  • Pramusaji mengetuk kamar tamu sebanyak tiga kali sambil menyebutkan jati diri (room service).
  • Setelah tamu membukakan pintu, pramusaji mengucapkan salam kepada tamu tersebut (selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam tergantung dari waktu pengantarannya).
  • Pramusaji menanyakan kepada tamu hidangan akan diletakkan di mana.
  • Jika tamu mengatakan terserah dengan pramusaji, maka pramusaji meletakkan hidangan tersebut di dekat jendela yang menghadap ke luar, dengan maksud pada saat tamu menikmati hidangannya tamu juga dapat melihat pemandangan ke luar.
  • Jika pramusaji mengantar hidangan menggunakan trolley, maka trolley diperbesar dahulu dengan cara membuka sayap kiri dan kanan trolley dan yakinkan bahwa trolley telah terkunci dengan baik agar pada saat tamu makan, trolley tersebut tidak lepas dari kaitannya.
  • Tanyakan juga kepada tamu apakah memerlukan pelayanan pada saat menikmati hidangan dari pramusaji. Jika tidak maka pramusaji memberikan guest bill kepada tamu untuk ditandatangani. (kebanyakan hotel, tamu tidak dibenarkan melakukan pembayaran tunai, agar memudahkan pengontrolan keuangan).
  • Sebelum meninggalkan kamar tamu, pramusaji mematikan alat pemanas (heater atau rechaud) yang terletak di sebelah bawah trolley. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti hidangan hangus atau terjadi kebakaran.
  • Setelah itu pramusaji memberikan magic word-nya have a nice day kepada tamu, dan mengucapkan salam sekali lagi kepada tamu.
  • Pramusaji meninggalkan kamar tamu, dan menutup kembali pintu kamar tamu dengan perlahan.
  • Pramusaji kembali ke kasir room service untuk menyerahkan guest bill dan kembali ke room service station.

Baca Juga: Room Service : Bagian Room Service, Peralatan-Peralatan, Tahapan Komunikasi, dan Set Up Tray



Penelusuran yang terkait dengan Room Service

  • peralatan room service
  • materi room service pdf
  • peralatan yang dibutuhkan untuk room service
  • room service equipment
  • mengapa tamu hotel menggunakan jasa room service jelaskan alasannya
  • jelaskan tugas atau fungsi dari room service
  • pengertian room service pdf
  • perbedaan room service dan restoran

0 Response to "Tugas pokok room service, Prosedur Pelayanan Dalam Room Service dan Tata Cara Pelayanan di Kamar Tamu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->