Restoran : Pengertian, Jenis-Jenis Restoran dan Fasilitas di Restaurant Secara Lengkap

Jenis-Jenis Restoran dan Fasilitas di Restaurant Secara Lengkap Via: Jagoberpidato.my.id

Pengertian Restoran berasal dari kata ”Restaurer” yang berarti restore atau restorasi yang dalam bahasa Indonesia berarti ”memperbaiki atau memulihkan, yakni memulihkan kondisi seseorang dari suatu kondisi yang kurang baik ke kondisi yang lebih baik. Jadi restoran adalah suatu tempat yang menyediakan makanan dan minuman untuk dikonsumsi tamu sebagai kebutuhan dalam rangka memperbaiki/memulihkan kembali kondisi yang telah berkurang setelah melakukan suatu kegiatan.
Dari pengetian diatas restoran didefinisikan sesuai makanan dan minuman yang dijual serta cara penyajian dan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan yang dating untuk menikmati hidangan maupun sekedar untuk bersantai. 

Jenis-Jenis Restoran


  • Dinning Room
Adalah restoran yang melayani makanan dan minuman dengan kualitas nomor satu. Teknik pelayanan yang digunakan adalah pelayanan secara Rusia dan Perancis . Penataan meja makan secara Elaborate Cover atau lengkap dari Appetizer hingga Dessert.
  • Café
Sebuah tempat yang menyediakan penjualan makanan dan minuman. Café biasanya lebih banyak pada pe
  • Specialty Restaurant.
Adalah restoran dengan ciri khasnya tersendiri mulai dari suasana, interior, peralatan, makanan, minuman, musik hingga pakaian seragam pelayan cenderung meonjolkan kekhasan suatu daerah atau negara. Seperti Chinese Restaurant, Korean Restaurant, Sundanese Restaurant, dll.
  • Cafetaria
Adalah restoran yang menyajikan makanan dan minuman ringan yang pada umumnya makanan sudah jadi dengan pelayanan yang cepat. Makanan ditata di etalase atau counter panjang, tamu tinggal memilih/mengambil makanan sesuai dengan seleranya. Pembayaran dilakukan di kasir yang terletak di ujung counter.
  • Pub
Pub adalah tempat dimana lebih banyak mengkhususkan penjualan minuman dibanding penjualan makanan. Suasana pub biasanya lebih focus pada penghiburan pelanggan dengan penyuguhan berbagai aliran music oleh DJ ataupun oleh beberapa artis local hingga artis dunia.



Jenis - Jenis Fasilitas di Restaurant

Beberapa fasilitas yang biasa ditemui dalam suatu usaha restaurant, antara lain:

1. Restaurant pada umumnya
Dapat berupa usaha yang independen, milik pribadi dan usahakan sendiri, dapat pula merupakan hasil kerja sama antar perusahaan atau sistem waralaba.

Bentuk fasilitas ini termasuk restoran dengan white tablecloth, restoran
dalam bentuk casual dining, dan restoran dengan quick service.

  • Restaurant Tipe Tablecloth : Restaurant dalam kategori white tablecloth sangan bervariasi bentuknya.Dapat berupa pelayanan indoor (di alam ruangan), maupun outdoor (di luar ruangan). Apat hanya melayani makan pagi, makan siang atau malam saja, dan dapat pula buka dua puluh empat jam sehari. Restoran jenis ini biasanya dapat melayani minuman beralkohol.
  • Restaurant Tipe Casual Dinner : Casual dinner banyak kita temui, seperti coffee shop yang sekarang dimana – mana.Tamu datang dengan santai, karema memeng suasananya diciptakan untuk makan sambil bersantai.
  • Restaurant Tipe Quick Service : Restaurant jenis Quick Service biasanya mempunyai daftar makanan/menu yang terbatas.Tamu dapat dating ke konter langsung memesan atau mengambil sendiri untuk dibawa ke kursi atau dibawa pergi.Ada pula dimana orang tidak perlu keluar dari kendaraan sewaktu memesan. Setelah membayar maka ia biasa memakannya di mobil atau dibawa pergi.
2. Bagian Dari Fasilitas Hotel
biasa ditemui di hotel dalam bentuk main dining room (restoran utama) dengan pelayanan formal, coffee shops, family restaurant, specialty restaurant (restoran yang menghidangkan makanan khas, dapat dari Negara tertentu maupun daerah tertentu), room service maupun banquet service ( untuk acara tertentu).

3. Fasilitas Food Service Lainnya
fasilitas ini merupakan usaha restoran di luar jenis yang sudah disebut di atas, seperti cafeteria yang menghidangkan beberapa jenis makanan – minuman namun dengan tempat duduk yang terbatas. Bar yang menjual minuman dan beberapa jenis makanan. Cateter yang menghidangkan makanan – minuman dalam jumlah banyak untuk kepentingan banquet ataupun off site catering( diluar hotel).

4. Bisnis
Bisnis ini dapat berupa usha yang menjual makanan dan minuman melalui mesin vending, yang untuk mendapat makanan dan minuman itu kita cukup memasukkan koin mata uang tertentu.Dapat pula berupa usaha restoran kecil sampai yang besar. Dari makanan – minuman dengan pelayanan cepat dan tidak terlalu formal sampai ke yang serba mewah, besar dan formal serta menggunakan cara pelayanan yang bermacam – macam.

5. Di Rumah Sakit Dan Usaha Untuk Perawatan Kesehatan
usaha ini dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan para penderita dengan penekanan pada nilai nutrisi yang diperlukan. Juga untuk para penderita kebutaan, para penderita cacat, penampungan anak yatim piatu, dsb, yang ditampung di rumamh perawatan.

6. Sekolah
Usaha ini diperuntukkan bagi anak – anak sekolah.Biasanya berupa makan pagi dan siang.Bila mana perlu juga makan malam selama mereka mengikuti pendidikan ini. Biasa untuk anak – anak sekolah dasar, namun biasa juga untuk perguruan tinggi. Bisnis ini dapat menjadi bisnis yang cukup besar.Harganya disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa atau murid – muriid di sekitar itu. Kadang – kadang tamu dari luar pun dapat ikut menikmatinya.

7. Untuk Rekreasi
bisnis sangat bervariasi karena selalu dikaitkan dengan suasana santai, dapat dinikmati bersama seluruh anggota keluarga dengan perlengkapan makan yang sederhana namun tetap berkualitas. Dapat juga di tempat olahraga, stadion, bioskop, tempat berburu, di tempat pendakian, dsb.

8. Perusahaan Transportasi
untuk usaha di terminal, di pesawat terbang, kendaraan umum/bus, kereta api, dsb. Baik karena sudah dijual termasuk harga tiket maupun yang harus di beli sendiri.”




Penelusuran yang terkait dengan pengertian restaurant
  • pengertian restoran dan jenisnya
  • pengertian restoran menurut para ahli terbaru
  • tujuan restoran
  • pengertian restoran menurut para ahli tahun 2015
  • jenis-jenis restaurant
  • fasilitas restoran mewah
  • pengertian restoran menurut para ahli 2015
  • ruang lingkup restoran

0 Response to "Restoran : Pengertian, Jenis-Jenis Restoran dan Fasilitas di Restaurant Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->