close

Pengertian Restoran dan Tipe- Tipe Restaurant Secara Lengkap

Pengertian Restoran dan Tipe- Tipe Restaurant Secara Lengkap Via:
Pengertian Restoran

    Restoran adalah salah satu bagian dari food and beverage departemen yang ada di hotel pada umumnya. Restoran juga sangat berpengaruh dalam menghasilkan keuntungan bagi setiap hotel. Restoran juga tidak hanya menjual makanan dan minuman saja,
restoran sendiri dikenal sebagai salah satu pemberi pelayanan bagi setiap pelanggan/tamu yang datang. Keberhasilan restoran dapat diukur dari tingkat kebaikan pelayanan yang diberikan pramusaji/atau pekerja restoran itu sendiri kepada tamu yang datang.

    Kata restaurant berasal dari bahasa Prancis, asal katanya dari restaurer yang artinya memulihkan kembali, yang dimaksud adalah memulihkan kembali keadaan sesorang dari suatu kondisi yang kurang baik menajdi kondisi yang baik dan kembali pada posisi sebelumnya.

  • Menurut Budiningsih (2009:85) restaurant adalah suatu tempat atau bangunan dimana para tamu dapat membeli dan menikmati makanan dan minuman, yang diorganisir secara komersial dan menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua tamunya
  • Menurut Mertayasa dalam bukunya (2012:2) restaurant adalah suatu ruangan atau tempat dimana tamu dapat membeli dan menikmati makanan dan minuman atau merupakan suatu seksi untuk menyiapkan makan dan minum bagi tamu yang memerlukannya. 

Baca Juga:Pengertian Restoran Meliputi Cara Pelayanan di Restoran dan Faktor Yang Mempengaruhi Cara Penghidangan


    Pelayanan sangatlah penting, yang mana dengan semakin baiknya pelayanan yang diberikan kepada tamu maka semakin besar kemungkinan restoran tersebut akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar, atau mungkin akan semakin membuat banyak tamu untuk datang ke restoran tersebut. Standart General Service Rules merupakan panduan yang biasa digunakan untuk operasional pelayanan di sebuah restoran. Agar dapat menciptakan pelayanan yang baik, pramusaji harus menerapkan Standart General Service Rules yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen.

   Agar pramusaji dapat menerapkan Standart General Service Rules yang ada di sebuah restoran maka pramusaji sebaiknya menguasai standart general service yang ada agar penerapan standart pelayanannya dapat dilakukan dengan baik dan menghasilkan pelayanan yang baik . 
 
 

Tipe- Tipe Restaurant

Berapa tipe restaurant yaitu:
1. A’la Carte Restaurant
A’la Carte Restaurant adalah restaurant yang telah mendapatkan izin penuh untuk menjual makanan lengkap dengan banyak variasi dimana tamu bebas memilih sendiri
makanan yang mereka inginkan.Tiap-tiap makanan di restoran ini mempunyai harga sendiri-sendiri.
2. Table D’hote restaurant
Table D’hote Restaurant adalah suatu restaurant yang khusus menjual menu table d’hote, yaitu susunan menu yang lengkap ( dari hidangan pembuka sampai hidangan penutup ) dan tertentu, dengan harga yang ditentukan pula.
3. Coffee Shop
Coffee Sop adalah suatu restaurant yang pada umumnya berhubungan dengan hotel, suatu tempat dimana tamu bisa mendapatkan makan pagi, makan siang dan makan malam secara cepat dengan harga yang cukup.
4. Cafe
Cafe adalah suatu restaurant kecil yang mengutamakan penjualan kue-kue, roti isi, kopi dan teh.Pilihan makanannya terbatas dan tidak menjual minuman yang beralkohol.
5. Canteen
Canteen adalah restaurant yang berhubungan dengan kantor, pabrik atau sekolah, di tempat dimana para pekerja dan para pelajar bisa mendapatkan makanan siang.
6. Continental Restaurant
Continental Restaurant adalah suatu restaurant yang menitik-beratkan hidangan continental pilihan dengan pelayanan megah.Suasananya santai,suasananya agak rumit, disediakan bagi para tamu yang ingin makan secara santai atu rilek.
7. Carvery
Carvery adalah suatu restaurant yang sering berhubungan dengan hotel dimana para tamu datang mengiris sendiri hidangan panggang sebanyak yang mereka inginkan dengan harga hidangan yang sudah ditetapkan.
8. Dining Room
Dining Room yang terdapat di hotel kecil, motel atupun inn, merupakan tempat yang tidak lebih ekonomis daripada tempat makan biasa, dan juga pada dasarnya disediakan untuk para tamu yang tinggal di hotel, namun juga terbuka bagi para tamu luar.
9. Discotheque
Discotheque adalah suatu restaurant yang pada prinsipnya berarti juga tempat dansa sambil menikmati alunan musik.Kadang- kadang juga menampilkan live band. Bar adalah salah satu fasilitas utama untuk sebuah diskotik. Hidangan yang tersedia biasanya makanan ringan.
10. Fish And Chip Shop
Fish And Chip Shop adalah suatu restaurant yang banyak terdapat di inggris, dimana kita dapat membeli macam-macam kripik dan ikan goreng, biasanya berupa ikan cod, dibungkus di dalam kertas dan dibawa pergi. Jadi makanannya tidak dinikmati di tempat itu.
11. Grill Room
Grill Room adalah suatu restaurant yang menyediakan bermacam-macam daging panggang.pada umunya antara dapur dan restoran dibatasi oleh sekat dinding kaca sehingga para tamu dapat memilih sendiri potongan daging yang dikehendaki dan melihat sendiri proses memasaknya.
12. Inn Tavern
Inn Tavern adalah restaurant dengan harga yang dikelola oleh perorangan di tepi kota. Suasananya dibuat sangat dekat dan ramah dengan tamu-tamu, sedangkan hidangannya pun lezat-lezat.
13. Night Club/Supper Club
Night Club adalah suatu restaurant yang pada umumnya mulai dibuka menjelang larut malam, menyediakan makan malam bagi para tamu-tamu yang ingin santai.Dekorasinya mewah, pelayanannya megah.
14. Pizzeria
Pizzeria adalah suatu restaurant yang khusus menjual pizza, kadang-kadang juga berupa spaghetti serta makanan khas itali lainnya.
15. Pan Cake House
Pan Cake adalah suatu restaurant yang khusus menjual pancake serta crepe yang diisi dengan berbagai macam manisan didalamnya.
16. Pub
Pub pada mulanya merupakan tempat hiburan umu yang mendapatkan izin untuk menjual bir serta minuman beralkohhol lainnya.
17. Snack Bar
Snack bar adalah semacam restaurant yang sifatnya tidak resmi dan pelayanannya cepat, dimana para tamu mengumpulkan makanan mereka di atas baki yang di ambil dari atas counter dan kemudian membawanya ke meja makan.
18. Specialty Restaurant
Specialty Restaurant adalah restaurant yang suasana dan dekorasinya disesuaikan dengan tipe khas makanan yang disajikan.
19. Terrace Restaurant
Terrace Restaurant adalah suatu restaurant yang terletek di luar bangunan, namun pada umumnya masih berhubungan dengan hotel maupun restaurant induk.
20. Gourmet Restaurant
Gourmet Restaurant adalah suatu restaurant yang menyelenggarakan pelayanan makan dan minum untuk orang-orang yang berpengalaman luas dalam bidang rasa makanan dan minuman.
21. Family Tipe Restaurant
Family Tipe Restaurant adalah suatu restaurant sederhana yang menghidangkan makanan dan minuman dengan harga yang tidak mahal, terutama disediakan untuk tamu-tamu keluarga ataupu rombongan.
22. Main Dining Room
Main Dining Room adalah suatu restaurant atau ruang makan utama yang pada umumnya terdapat di hotel-hotel besar, dimana penyajian makanannya secara resmi, pelan tapi pasti terikat oleh suatu peraturan yang sangat ketat.
 
 
 
 
Penelusuran yang terkait dengan pengertian restaurant

  • pengertian restoran dan jenisnya
  • pengertian restoran menurut para ahli terbaru
  • tujuan restoran
  • pengertian restoran menurut para ahli tahun 2015
  • jenis-jenis restaurant
  • fasilitas restoran mewah
  • pengertian restoran menurut para ahli 2015
  • ruang lingkup restoran
 

0 Response to "Pengertian Restoran dan Tipe- Tipe Restaurant Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->