Pengertian Public Area Suprvisor Meliputi Tugas dan Standar Keja Public Area Supervisor.

Admin
0
Sumber Gambar : lsc-de.com

Pengertian Public Area Supervisor

Public Area Suprvisor adalah Seorang Pengawas yang Bertanggung Jawab Mengawasi serta mengontrol hasil pekerjaan oleh Public Area atau Houseman. Supervisor PA Bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian dan pemeliharaan Public area, seperti lobby, F&B outlet, meeting room, offices, parking area, swimming pool, public toilet dan sebagainya, dan pelaksanaan kerja public area dalam menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan Public Area Supervisor Melaporkan hasil kerja Public Area ke Assistance Housekeeper di departemen Housekeeping.



Tugas - Tugas atau Job Description Public Area Supervisor.

uaraian tugas Public Area Supervisor adalah sebagai berikut :
  1. Bertanggung jawab terhadap kebersihan public area sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan.
  2. Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan   oleh Public area Attendant, Night Cleaner, Toilet Attendant, Florist serta meyakinkan   bahwa   pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standard yang ditentukan.
  3. Melakukan handing over dengan dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing over dengan shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas yang harus dilanjutkan kepada shift berikutnya dengan jelas.
  4. Memeriksa daftar kehadiran Staff public area setiap hari.
  5.  Memeriksa kondisi area umum secara teliti. Pemeriksaan kamar harus berdasarkan kebersihan, kerapian, kelengkapan dan fungsi dari peralatan atau fasilitas yang ada di area masing-masing.
  6. Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebaginya yang telah dikerjakan oleh Staff pada hari itu.
  7. Melengkapi laporan dalam Public area Supervisor Log book setiap shift.
  8. Membuat laporan Maintenance Request kepada Engineering dan menindaklanjuti    area-area, fasilitas atau peralatan memiliki kerusakan, mengawasi pengerjaan dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya.
  9. Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment baik di area maupun di janitor room atau Pantry.
  10.  Bertanggung jawab terhadap biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agents, supplies dan equipment.
  11. Membuat program pelatihan (training program)  terhadap  Staff Public area secara rutin.
  12. Mengawasi pelaksanaan program pemeliharaan atau pembersihansecara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
  13. Melakukan  pemeriksaan  atau  inspeksi  area  secara  rutin  untuk meyakinkan kualitas pemeliharaan kebersihan public area terjaga baik sesuai dengan standard yang ditentukan.
  14. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh Assistant Executive Housekeeper atau Floor Housekeeper serta melaporkan hasilnya.
  15. Melakukan kerjasama yang erat dan baik dengan semua bagian, seperti Floor, Linen/Uniform dan Laundry, serta dengan departemen lain, terutama Front office dan Engineering untuk meyakinkan koordinasi atas pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan public area yang terbaik.
  16. Mengadakan briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handing over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan dengan Staff Public area untuk melakukan koordinasi operasional serta saling bertukar pikiran (sharing idea) untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pekerjaan dan pelayanan.
  17. Menjalankan prosedur keamanan, keselatnatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
  18. Menjalankan tugas yang diberikan oleh Public area Housekeeper atau Executive Housekeeper/Assistant atau Floor Housekeeper.


Standar Keja Public Area Supervisor.

  1. Selalu Membaca dan menulis di Log book atau buku catatan untuk informasi ke Public Area Staff yang bertugas di Hotel.
  2. Menindak lanjuti dengan segera hal-hal yang perlu segera ditindak lanjuti.
  3. Menghadiri Briefing bersama staff housekeeping lainnya.
  4. Memberi tugas dan arahan yang tepat kepada staff Public Area.
  5. Mengontrol standar waktu pekerjaan Public Area Staff.
  6. Memastikan tidak ada komplain dari tamu saat mengerjakan atau saat sedang bertugas si area.
  7. Mengawasi penggunaan alat-alat Public area dengan baik.
  8. Menjaga standar kebersihan Hotel dengan baik.


Demikian Artikel Pengertian Public Area Suprvisor Meliputi Tugas dan Standar Keja Public Area Supervisor.Semoga Artikel Ini Bermanfaat Bagi Yang Membutuhkan. Jangan Lupa Di share untuk Teman Kalin Yang membutuhkan.


Penelusuran yang terkait dengan Public Area Supervisor adalah
  • bagian dari public area attendant
  • uraikan dengan teliti bagian dari public area attendant
  • bagian bagian public area
  • ruang lingkup public area
  • materi public area section
  • apa tugas-tugas umum public area section
  • bagian-bagian dari public area attendant
  • syarat seorang public area

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close