close

Jenis-jenis Restoran Beserta Penjelasan dan Gambarnya Lengkap

Jenis-jenis Restoran Beserta Penjelasan dan Gambarnya Lengkap Via: Ilmuips.my.id

Restoran adalah salah satu jenis usaha pangan yang bertempat di sebagian atau seluruh bangunan yang permanen, dilengkapi dengan peralatan penyimpanan, penyajian, dan penjualan makanan dan minuman bagi umum ditempat usahanya dan memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan dalam keputusan. Semua jenis restoran pada umumnya mempunyai suatu kepentingan dan tujuan yang sama yaitu: “Menyediakan dan menyajikan minuman kepada masyarakat umum dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan sesuai dengan yng diinginkan.”


Jenis-jenis Restoran

Saat ini banyak kita jumpai jenis-jenis restoran yang semakin berkembang pesat. Namun, berdasarkan cara pengelolaan manajemen dan operasionalnya, restoran dapat dibedakan sebagai berikut:
  • Restoran yang dikelola dengam manajemen sendir yang tidak ada kaitannya dengan hotel (self operation)
  • Restoran yang dikelola manajemen hotel, yakni restoran sebagai salah satu fasilitas hotel (integrated to the hotel). Perbedaan jenis restoran yang dikelola oleh pihak hotel tergantung pada kriteria golongan kelas hotel (hotel besar, hotel menengah, hotel kecil) dimana restoran bersangkutan berada serta terganttung pada kebijakan majemen hotel.

Hotel besar pada umumnya memiliki jenis restoran, antara lain:

Grill Room


Restoran ini menyajikan makanan dengan kualitas terbaik. Cara memasak dan penyajiannya menggunakan teknik yang dikenal dengan Flambe & Carving, yaitu makanan yang dipesan dimasak langsung dihadapan tamu dengan menggunakan flambee trolley atau gueridon. Pada akhir proses pemasakan, makanan disiram dengan menggunakan brandy atau minuman yang mengandung alkohol lalu disulut api gas dan menyala. Setelah itu makanan disajikan kepada tamu. Jenis makanan yang bisa di-flambee biasanya merupakan makanan utama, contoh: makanan utama Pepper Steak dan hidangan penutup Crepe Suzette.

 

Coffee Shop


Istilah coffe shop berasal dari Amerika Serikat. Ciri pelayanan dan penyajian makanan dilakukan secara cepat, makanan yang disajikan sudah diporsikan dari dapur langsung diatas piring dan kemudian disajikan kepada tamu yang memesannya. Coffee shop dibuka selama 24 jam.

 

Supper Club


Tipe restoran ini umumnya lebih mengutamakan pertunjukan atau show artis-artis terkenal, baik nasional maupun internasional yang telah dikontrak oleh pihak hotel. Sedangkan restorsn menjadi fasilitas pelengkap untuk tamu yang ingin menikmati makanan pada tengah malam, dimana harga makanan sudah termasuk dalam satu paket dengan harga tiket masuk. Sebagai catatan, supper club banyak juga berdiri sendiri atau tidak ada kaitannya dengan manajemen hotel.
 

Specialty Restaurant


Restoran ini memiliki karakteristik tersendiri. Suasana, interior dan eksterior restoran serta makanan yang disajikan, bahkan mulai dari pakaian seragam, lebih cenderung menonjolkan ciri khas daerah atau negara dari mana makanan tersebut berasal. Contohnya: Chinese restaurant, Japanese restaurant, Italian restaurant, dan lain-lain.

Selain jenis-jenis restauran di atas, masih ada beberapa jenis restauran yang dapat kita kenali, yang memiliki ciri khas tersendiri pula, sesuai dengan bentuk penampiln dan suasana restoran yang bersangkutan. Adapun restorn tersebut antara lain:

Dining Room


Dining room merupakan restoran utama atau ruang makan yang bisa kita jumpai disemua hotel, baik hotel besar, hotel menengah maupun hotel kecil. Table set-up pada dining room biasanya menggunakan elaborate set-up dan suasanyanya formal.
 

Continental Restaurant


Continental restauran memiliki ciri khas suasana yang menarik. Restoran ini lebih mengutamakan hidangan dari Eropa dengan penyajian makanan lengkap yakni mulai dari makanan pembuka (appetizer), sup (soup), makanan utama (main course), dan makanan penutup (dessert).
 

Cafetaria


Cafetaria adalah jenis restoran yang menyajikan makanan dan minuman ringan, pada umumnya makanan sudah jadi serta dengan pelayanan yang cepat. Saat ini, cafetaria lebih dikenal dengan istilah fast food. Makanan yang ditawarkan dipajang di atas counter sehingga tamu dapat memilih serta mengambil sendiri makanan yang sesuai dengan seleranya. Pembayaran dilakukan sesuai dengan makanan yang diambil.




Penelusuran yang terkait dengan Restoran adalah
  • pengertian restoran dan jenisnya
  • tujuan restoran
  • pengertian restoran menurut para ahli terbaru
  • jenis-jenis restoran
  • fasilitas restoran mewah
  • manfaat restoran bagi masyarakat
  • produk restoran
  • ruang lingkup restoran

0 Response to "Jenis-jenis Restoran Beserta Penjelasan dan Gambarnya Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->