Defenisi Manajemen Dan Manajer Meliputi Spesifikasi, Klasifikasi dan Tanggung Jawab Tiap Tingkatan Manajer

Defenisi Manajemen Dan Manajer

1. Defenisi manajemen

Manajemen adalah suatu proses tertentu yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan-tujuan tertentu. Manajemen juga merupakan ilmu tentang upaya manusia untuk menmanfaatkan semua sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien.

2. Defenisi manajer

Manajer adalah seorang anggota organisasi yang bertugas mengarahkan, memadukan, mengawasi, dan mengkoordinasikan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh anggota organisasi yang lain.



Rangkuman dari Definisi Manajemen dan Definisi Manager
1.Manajer untuk mengoraganisasinya agar efisien dan efektiv harus memiliki jiwa, sifat, perilaku, dan karakter kepemimpinan

2.Manajemen adalah seni, ilmu, dan prosesnya
  • Seni bearti bahwa dalam manajemen terdapat unsur-unsur bakat atau pembawan orang dapat mengatur, mengawasi, atau memimpin organisasi dengan karakter, sikap, dan jiwa kepemimpinan yang berbeda-beda pada setiap orang
  • Ilmu yang bearti manajemen dapat di pelajari dan di ajarkan kepada orang lain
  • Proses yang di maksud adalah tahapan untuk mendapatkan hasil dari palaksanaan atau kejadian yang saling terkait
3.Manajer adalah orangnya
4.Kepemimpinan adalah sifat atau jiwanya
  • Sifat yang bearti seseorang tersebut memeliki sifat kepemimpinan dan bertanggung jawab
  • Jiwa yang mampu memimpin dan dapat mencakup pikiran dan kepribadian.

SPESIFIKASI MANAJEMEN, MANAJER DAN KEPEMIMPINAN



Klasifikasi Manajer dan Tingkatannya

Pada dasarnya kegiatan yang dilaksanakan oleh para manajer dapat diklasifikasikan
dalam beberapa kelompok :
  1.  Pribadi
  2. Teknis
  3.  Administrati
  4. Interaksional.

Manajemen adalah seni mengatur atau suatu proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. Manajemen terdapat di dalam setiap organisasi, baik organisasi bisnis maupun organisasi non-bisnis. Bahkan dalam kehidupan berkeluarga pun terdapat manajemen. Nah, orang yang melakukan manajemen disebut manajer.  Manajer diklasifikasikan ke dalam 4 kelas, yaitu Non-Manajer (Non Manager),First-line manager, Middle manager, dan Top Manager.
  • Non-Manajer (Non Manager)
Non Managerial adalah bagian dari sebuah perusahaan atau instansi yang tidak masuk dalam struktur ke-manajemenan, tingkatan ini bertugas menjalankan perintah-perintah yang sudah dibuat oleh para manajer, contohnya operator pabrik.
  • First- Line Manager
disebut juga dengan manajer lini pertama  dan berada di tingkatan manajer paling bawah. Manajer lini pertama ini bertugas untuk mengelola pekerjaan non-managerial employee. Kalau berdasarkan pendekatan kecakapannya, manajer kelas ini memiliki pendekatan kecakapan teknis, dimana manajer tipe ini memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang tertentu. Kalau kita bandingkan, di IPB sendiri contoh manajer lini pertama adalah masing-masing Kepala Departemen yang mengatur staff-staff dan pengajar.
  • Middle Manager
Manajer tipe ini berada di tingkat menengah. Tugasnya adalah mengelola pekerjaan manajer lini pertama. Berdasarkan pendekatan kecakapannya, manajer tipe ini memiliki pendekatan kecakapan humanis, yaitu memiliki kemampuan bekerja-sama dengan orang lain. Contoh manajer tipe ini di IPB adalah Dekan Fakultas.
  • Top Manager
Manajer tipe ini berada di tingkat atas dan bertanggung jawab membuat keputusan organisasi secara luas dan menetapkan rencana dan tujuan yang mempengaruhi seluruh organisasi. Berdasarkan pendekatan kecakapannya, manajer ini memiliki pendekatan kecakapan konsepsi, yaitu memiliki kemampuan berpikir dan membuat konsep. Contoh manajer tipe ini di IPB adalah Rektor IPB.

Manajemen memiliki fungsi untuk merencanakan (planning), mengorganisasi (organizing), mengatur (leading), dan mengendalikan (controlling). Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manajer bekerja berdasarkan nilai efisiensi dan efektivitas. Efisiensi berarti doing things right, atau menghasilkan output banyak dengan input yang sedikit. Sedangkan efektivitas berarti doing the right things, atau melakukan pekerjaan yang sesuai dengan tujuan organisasi. Suatu pekerjaan dikatakan efisien bila menghasilkan limbah yang rendah. Dan pekerjaan disebut efektif bila menghasilkan output yang tinggi.


Tanggung Jawab Tiap Tingkatan Manajer

Tanggung jawab tiap-tiap tingkatan manajer adalah sebagai berikut :
  • Manajer puncak (top manager).
Bertanggung jawab atas pengaruh-pengaruh/keputusan yang diambil dari/untuk semua unit perusahaan yang ditetapkan oleh manajer, hidup/matinya perusahaan merupakan tanggung jawab manajer, dan manajer mengatur unit fungsional. Contohnya direktur utama dan komisaris (pemegang saham).
  • Manajer menengah (middle manager).
Bertanggung jawab melaksanakan rencana perusahaan sehingga tercapainya suatu tujuan. Contohnya direksi dan kepala produksi.
  • Manajer bawah (low manager) atau Supervisor.
Bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang memang sudah ditetapkan perusahaan dan menjadikan rencana tersebut menjadi suatu tindakan.
  • Non manajer.
bertanggung jawab sesuai dengan tugas dan sesuai keahliannya sebagai operator dan operasional yang diberikan oleh para manajer.


KESIMPULAN
Adapun kesimpulan dari pembahasan di atas adalah:
  1. Manajer adalah orang yang melakukan kegiatan manajemen, yang berupa perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, controling, dan lain sebagainya yang bertanggung jawab secara langsung dalam sebuah organisasi atau perusahaan  yang dijalankan.
  2. Manajer terdiri atas tiga tingkatan yaitu, manajer puncak (top manager), manajer menengah (middle manager), manajer bawah (low manager), dan non manajer (non- manager).
  3. Tanggung jawab tiap tingkatan manjer berbeda-beda, Semakin tinggi jabatan seseorang di dalam sebuah organisasi atau perusahaan, maka semakin banyak pula tanggung jawab yang dipegang olehnya karena dia yang memegang dan bertanggung jawab atas semua bawahan-bawahannya. Sebaliknya, semakin rendah jabatan seseorang di dalam sebuah organisasi atau perusahaan, maka semakin sedikit pula tanggung jawab yang di pegangnya karena dia hanya bertanggung jawab pada pekerjaan yang telah diberikan oleh atasannya


Penelusuran yang terkait dengan Definisi Manajemen Dan Manajer
  • pengertian manajer
  • pengertian manajemen
  • pengertian manajemen dan manajer menurut para ahli
  • pengertian manajemen menurut para ahli
  • fungsi manajemen
  • tingkatan manajemen
  • prinsip manajemen
  • peran manajemen

0 Response to "Defenisi Manajemen Dan Manajer Meliputi Spesifikasi, Klasifikasi dan Tanggung Jawab Tiap Tingkatan Manajer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->