Cara Merawat Karpet Di Kamar Hotel Maupun Koridor dan Alat Pembersih Karpet

Untuk mempercantik interior, lantai mempunyai peranaan cukup penting membuat ruangankelihatan cantik dan menarik. Memilih lantai yang cocok merupakan cara bijak sebelum membuat satu bangunan. Sebenarnya, banyak pilihan untuk bahan lantai yang mempunyai kelebihan dan kekurangan dari setiap bahan, diantara pilihan tersebut adalah keramik, marble, terazzo, kayu, vynil dan carpet. Namun pembahasan pada tulisan ini akan fokus pada lantai karpet saja.

Ada beberapa keuntungan menggunakan karpet :
  • Pemasangan karpet lebih mudah dan cepat.
  • Ukuran karpet yang felexsibel mengikuti bentuk ruangan.
  • Karpet mempunyai banyak pilihan motif yang dapat disesuaikan dengan ruangan.
  • Lantai karpet memberikan kehangatan dan kelembutan dikaki walaupun dalam ruangan yang dingin.
  • Karpet dapat meredam suara dan getaran pada saat orang berjalan diatas karpet tersebut.
  • Karpet mempunyai varian harga yang besar, sehingga dapat disesuaikan dengan budget pemakai.
 
Penyebab Umum Masalah Karpet
Beberapa masalah sebagai penyebab kerusakan pada karpet adalah sebagai berikut: 

Noda dari pemutih
Beberapa kebutuhan rumah tangga yang mengandung bahan kimia seperti , deterjen, deodorizers, bayclean mengandung bahan pemutih pemutih yang bila terkena dengan karpet / permadani dapat menimbulkan perubahan warna pada karpet seperti noda-noda mulai dari putih menjadi kuning, merah muda, dan kelunturan warna. Biasanya kerusakan warna akibat pemutih ini bersifat permanen walaupun menggunakan peralatan super canggih tidak dapat mengembalikan warna tersebut.
Penyusutan
semua jenis karpet cenderung mengalami penyusutan ketika terkena air. Penyusutan ini terjadi akibat proses pengeringan karpet yang lama yang menyebabkan bagian dasar dari karpet menjadi merapat. Penyusutan ini bila dibiarkan dalam waktu lama menjadi permanen, oleh sebab itu bila ada tanda penyusutan dapat dilakukan penarikan sesuai ukuran sebelumnya kemudian di kunci dengan mengunakan paku pada sisi karpet. 

Api Rokok / Setrika
Kebanyakan karpet rusak akibat api rokok yang terjatuh di permukaan karpet yang menyebabkab bekas api tersebut menjadi kerusakan yang permanen, yaitu berlubang yang berwarna hitam lengket.Seterika juga sering menjadi penyebab kerusakan karpet akibat elemen panas dari setrika terjatuh ke permukaan karpet. Penggunaaan alas setrika atau board / papan strika dapat mencegahkejadian tersebut.
Urine / Kotoran hewan peliharaan.
Urine / Kotoran hewan peliharaan ( kucing dan anjing) di karpet merupakan masalah yang paling sering terjadi. Pembersihan dengan cepat tidak meninggalkan jejak di karpet( bau dan noda). Namun bila diabaikan dapat menyebabkan bau menyengat, bernoda, dan warna menjadi pudar.
Oleh sebab itu, pembersihan dengan segera menjadi keharusan untuk menghindari karpet menjadi rusak. Pergunakan air bersih dengan sedikit detergent kemudian keringkan dengan bahan kain menyerap (handuk bekas), lakukan berulang-ulang hingga semua bekar kotoran dari hewan tersebut menjadi bersih.
Pewarna
Paling sering terjadi noda karpet disebabkan oleh bahan pewarna dari makanan, minuman, deodorizers, deterjen dan lain-lain. Banyak dari noda tersebut menjadi permanen jika tidak dibersihkan dengan segera. Setiap tumpahan dapat dihilangkan dengan menggunakan kain berbahan penyerap hingga semua tumpahan tersebut bersih dari karpet. Penggunaan air dengan detergent yang ringan dapat mempermudah pembersihan karpet tersebut.


Jamur
Jamur pada karpet terjadi akibat lembab yang cukub lama akibat tumpahan air di sekitar carpet. Jamur juga dapat terjadi akibat proses pengeringan yang terlalu lama selama proses pembersihan.
Dalam kondisi ini, jamur tumbuh dengan cepat dan mengotori bahan karpet dengan yang menghasilkan bau, perubahan warna dan mengurangi daya tahan karpet (lapuk). Kerusakan ini cenderung permanen namun bau yang disebabkan oleh jamur akan menghilang setelah jamur dihilangkan dan kapet menjadi kering. Pengeringan karpet dapat dilakukan dengan menjemur atau menggunakan kipas / blower.
Sinar Matahari
Sinar matahari dapat menyebabkan pemudaran warna karpet dalam jangka panjang, pemudaran ini dapat ditemukan pada karpet yang berdekatan dengan jendela. Langkah-langkah pencegahan seperti goden atau lapisan kaca film dapat menghalangi radiasi UV dari sinar matahari. 
Perawatan Umum Karpet
Bagaimana cara untuk membersihkan noda pada karpet? Berikut langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama, periksa jenis noda yang menempel pada karpet. Caranya yaitu dengan melihat, mencium atau meraba noda.
  2. Kikis atau kerik kotoran padat dengan hati-hati. Sebagai contoh, kotoran permen karet bekas bisa diangkat dengan menaruh es batu di atasnya. Es batu akan membekukan permen karet sehingga bisa lebih mudah dilepaskan dari karpet.
  3. Tuangkan air ke atas noda pada karpet. Tujuannya untuk mencairkan noda tersebut. Kemudian, keringkan dengan lembut menggunakan kain bersih. Bila noda terlalu lebar, taruh beban di atas kain, tujuannya agar noda terserap maksimal ke kain tersebut. Jangan menggosok atau menyikat noda karena hal ini membuat noda semakin menyebar.
  4. Selanjutnya, gunakan solvent untuk menghilangkan sisa noda. Selalu gunakan solvent yang sifatnya lembut lebih dulu baru menggunakan jenis solvent yang keras.
  5. Tekan dan pijat permukaan karpet dimulai dari bagian ujung hingga ke tengah. Lakukan dengan lembut agar tidak merusak karpet
  6. Bilas noda menggunakan air, lalu keringkan
 
 

Alat Pembersih Karpet di Hotel

  1.  Rotary shampoo machine - Merupakan mesin yang berdiri tegak dan memiliki tangki di bagian atasnya. Tangki ini menampung chemical yang bisa disemprotkan oleh operator mesin dengan cara menekan tombol pada bagian handle. Chemical akan mengalir melalui pipa hingga keluar dari sikat mesin dan operator mengarahkan mesin dalam garis lurus dengan gerakan dari kiri ke kanan.Rotary shampoo machine bisa dilengkapi dengan satu sikat bundar (roundbrush) atau tiga sikat bundar ukuran kecil yang bisa berputar. Mesin ini harus digunakan secara hati-hati agar karpet tidak rusak akibat gosokan yang terlalu keras atau kasar. 
  2. Dry foam shampoo machine - Mesin ini cocok digunakan untuk membersihkan permukaan yang harus dikeringkan dengan cepat. Mesin dry foam shampoo juga tidak bersuara bising, sehingga tidak mengganggu kenyamanan tamu dan orang di sekitarnya.Mesin dry foam shampoo cukup mirip dengan rotary shampoo machine, bedanya yaitu sikat pada dry foam shampoo machine bergerak ke depan bukan memutar. Chemical yang digunakan bersama mesin ini didesain untuk mengeluarkan busa melimpah untuk menyerap kotoran pada karpet yang telah dikendurkan oleh sikat. Nantinya busa ini akan mengering menjadi bubuk yang harus disedot menggunakan vacuum cleaner saat karpet sudah kering. Waktu pengeringan karpet setidaknya adalah dua jam. 
  3. Hot water extraction - Dari seluruh metode pembersihan karpet, ini merupakan metode terbaik. Mesin hot water extraction didesain untuk melakukan deep cleaning pada permukaan karpet. Terdapat dua buah tangki di dalam mesin dengan fungsi yang berbeda. Tangki pertama berisi larutan pembersih (chemical), dimana larutan tersebut disuntikkan ke dalam serat karpet melalui selang yang "memijat" serat karpet sehingga kotoran bisa terangkat. Larutan pembersih kotor bekas pembersihan pun kemudian disedot ke dalam mesin dan masuk ke tangki kedua.Mesin ini juga bisa digunakan sebagai wet vacuum cleaner dengan mengaktifkan fitur penyedot airnya saja. 
  4. Bonnet cleaning - Metode pembersihan ini kerap diiklankan sebagai metode cuci kering (drcleaning) pada karpet. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena metode bonnet cleaning tetap menggunakan air. Bonnet merupakan floor pad halus berserat panjang yang terbuat dari katun atau campuran katun dan poliester.
 
 Baca Juga: Hubungan Housekeeping Dengan Sales Dan Housekeeping Dengan Engineering
 
 Penelusuran yang terkait dengan cara shampooing carpet

  • shampooing carpet machine
  • cara spotting carpet
  • chemical untuk shampoing karpet
  • tujuan shampooing carpet
  • shampooing adalah
  • sejarah shampooing machine
  • komponen shampooing machine
  • cara menggunakan upholstery extraction

0 Response to "Cara Merawat Karpet Di Kamar Hotel Maupun Koridor dan Alat Pembersih Karpet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->