Pengertian Food & Beverage Service Beserta Tugas dan Tanggung jawab dan Fungsinya

Salah satu pekerjaan di sektor perhotelan yang menjadi favorit adalah di bagian Food and Beverage Service. Selain di perhotelan, bidang ini juga banyak dijumpai di semua lapisan kehidupan, contoh restoran, kantin perusahaan, kantin rumah sakit, penerbangan, kereta api, dll.
Fungsi dasar dari industri ini adalah untuk melayani makanan & minuman untuk orang, untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan mereka. Tujuan utama adalah untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Secara umum, tugas dan tanggung jawab dari departemen Food & Beverage Service adalah untuk memastikan memberikan kualitas pelayanan di Restoran, Room Service, Bar Cafe, Lounge dan Coffee Shop baik di hotel, kapal pesiar atau independence outlet berjalan dengan efektif dan efisien serta menghasilkan nilai bisnis yang positif.
Secara garis besar semua posisi pada departemen ini mengharuskan karyawan untuk selalu tampil bersih, ramah, sopan dan santun. Memiliki keterampilan komunikasi dan bahasa yang fasih, senang berinteraksi dengan orang lain, cekatan dan terampil serta memiliki jiwa usaha dan innovasi tinggi dalam menghadirkan sebuah pelayanan kepada para tamu external dan internal.

Asyiknya bekerja di bidang ini adalah bisa bertemu dengan berbagai macam orang, bekerja dengan suasana berbeda (CafĂ©, restaurant,Bar atau Coffe shop) tidak seperti di perkantoran pada umumnya, cocok sekali buat yang hobi memasak atau senang meracik sesuatu dengan makanan minuman, bisa bekerja hingga luar negeri (Kapal pesiar atau hotel berbintang internasional), selalu tampil rapih dan modis saat bekerja, dan masih banyak lagi hal menarik lainnya yang bisa ditemui.
Berikut adalah beberapa posisi kerja di departemen Food & Beverage Service yang bisa dijadikan refrensi:

1.Waiter/Waitress
Tugas utama waiter/s adalah melayani tamu di dalam melakukan pemesanan menu dan mengantarkan pesanan tersebut hingga sampai ke meja tamu. Waiter/s juga bertugas untuk menjaga kebersihan outlet dan meja tamu.

2.Order Taker
Tugas order taker ini melayani tamu yang melakukan pemesanan menu lewat kamar hotel dan mengantarkan pesanan tersebut ke kamar dari tamu yang memesan.

3. Barista
Tugas barista adalah membuat menu minuman non alkoholic seperti menguasai pembuatan beraneka ragam Coffee & Tea.

4. Bartender
Tugas bartender ini membuat menu minuman alkoholic dan melayani tamu di bar hotel.

5. Admin FB Service
Tugas Admin di dalam FB Service adalah membuat, menginput dokumen dan melakukan stock opname terhadap bahan baku dan peralatan yang ada di FB Service store.

6.Cashier
Tugas cashier ini adalah mencatat tamu yang datang ke restaurant, menerima pembayaran dan membuat laporan dan transaksi keuangan untuk diserahkan ke departemen akunting.

7. Captain/leader
Tugas utama kapten ini adalah koordinator para waiter di dalam melakukan tugasnya

8.Supervisor Restaurant
Tugas utama supervisor restaurant ini adalah melakukan kontrol terhadap kinerja waiter dan admin. Selain itu membuat jadwal kerja, memberikan pelatihan kepada karyawan, membantu staff dalam handling complain dan masalah operasional lainnya, serta memastikan ketersediaan stock barang-barang dan peralatan kerja.

9. Outlet Manager
Outlet Manager ini adalah pimpinan atau kepala Restaurant, Bar, Lounge, Cafe, Coffee Shop dan Banquet / meeting room. Tugasnya adalah membuat kebijakan dan bertanggung jawab penuh atas operasional terhadap outlet yang dikelolanya. Misalnya: membuat menu dengan head chef , merumuskan kalender rencana promosi, membuat dan mengevaluasi biaya produksi dan operasional, melatih, mengembangkan, dan membimbing karyawan. Serta, mengawasi jalannya operasional kerja di outlet yang dipimpinnya.

10. Food & Beverage Manager 
Bertugas untuk membawahi semua Outlet Manager, posisi ini bertanggung jawab penuh atas pengelolaan Sumber Daya Manusia, memastikan keuntungan dalam bisnis di departemenya, mengelola dan mengawasi standar kerja, mengevaluasi operational kerja, menerapkan perubahan strategi bisnis dan aktifitas-aktifitas lainnya.

11. Food & Beverage Director
Umumnya, posisi ini membawahi dua departemen sekaligus yaitu Food & Beverage Service dan Kitchen. Bertanggung jawab penuh atas semua aktifitas management untuk kedua departement tersebut.
Posisi-posisi yang tersedia untuk departement Food & Beverage ini umumnya berbeda-beda antara hotel satu dengan hotel yang lainnya. Penentuan posisi kerja biasanya mengikuti:
– Besar kecilnya scope operasional kerja yang dicerminkan dari skala klasifikasi bintang. Semakin tinggi bintangnya maka semakin banyak pula posisi yang tersedia.
– Standar nama-nama, tugas dan tanggung jawab disetiap hotel sesuai dengan karakter brand yang diusungnya.

Pengertian F & B Menurut Para Ahli

Dalam hal ini bisa dikatakan sebagai Restoran suatu usaha yang bersifat komersial dan menyediakan jasa pelayanan makan dan minum bagi umum dan dikelola secara profesinal.
  • Rachman Arief, Abd (2005:113)
Food & Beverage merupakan bagian yang bertugas atau mengolah, memproduksi dan menyajikan makanan dan minuman untuk keperluan hotel, baik dalam kamar , restaurant , makanan karyawan dan sebagainya
  • Soekresno dan Pendit (1998:4)
Food & Beverage adalah sebuah bidang usaha yang merupakan bagian usaha seperti hotel yang bertanggung jawab terhadap kebutuhan, karena dalam pelayanan nya menyediakan makanan dan minuman serta dalam kebutuhan lain yang terkait dari sebuah hotel atau dikelola secara komersial.
Pada umumnya tata hidang dalam pelayanan di bagi dalam beberapa yaitu :
  1. Restoran, merupakan suatu ruangan atau tempat di mana tamu dapat menikmati atau membeli makanan dan minuman, karena hal ini merupakan suatu seksi untuk menyiapkan makanan dan minum bagi tamu yang memerlukannya.
  2. Bar, merupakan suatu tempat secara komersil yang menyiapkan dan menjual minuman, baik yang mengandung alkohol maupun tidak
  3. Room Service, merupakan bagian yang bertugas dalam pelayanan makanan dan minuman
  4. Banquet, merupakan bagian yang melayani dan bertanggung jawab dalam penjualan makanan dan minuman khusus di luar restoran
  5. Steward, merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan dan penyimpanan peralatan F&B departemen
  • Food and Beverage Product (F&B Product) bertugas atau mengolah bahan makanan yang mentah menjadi makanan siap saji.
  • Food and Beverage Service (F&B Service) bertugas melayani dalam menyajikan atau menghidangkan makanan kepada tamu

Tugas dan Tanggung Jawab  Food and Beverage (F&B)

  1. Mengolah Bahan makanan mentah menjadi makanan yang siap saji
  2. Membuat masakan yang mempunyai cita rasa yang khas
  3. Bertanggung jawab atas  makanan atau minuman yang dibuat apakah sudah memenuhi syarat dari segi kesehatan

Fungsi Food And Beverage

Food and beverage merupakan salah satu kebutuhan yang secara komersial dan profesional, karena di bagian ini amat lah penting.
Artinya bagi sebuah hotel Merupakan sumber usaha yang keuntungan nya dapat di kelolah melalui (room sales).
Adapun fungsi dari F&B yaitu :
  • Memenuhi selera (memberi kepuasan) bagi tamu.
  • Memelihara dan meningkatkan nama baik hotel.
  • Membuat keuntungan yang wajar.
Fungsi utama dari Fungsi Food and Beverage adalah untuk melayani serta mencapai kepuasan pelanggan, mungkin akan berusaha untuk memuaskan dengan cara :
  • Fisiologis : Adalah sebuah kebutuhan makanan khusus
  • Ekonomi : Merupakan sebuah kebutuhan dengan nilai yang terbaik mulai dari harga dibayarkan
  • Sosial : Adalah suasana yang bersahabat, terus terang dalam mengungkapkan perasaan
  • Psikologis : Yaitu kebutuhan guna meningkatkan harga diri
  • Kenyamanan : Adalah keinginan orang lain untuk melakukan pekerjaan.
Dalam kebutuhan yang seperti ini sangat menentukan faktor, seperti rasa bertanggung jawab dalam menentukan berbagai jenis metode pelayanan.

Pembagian Food and Beverage

F&B Beverage dapat dibagi menjadi dua bagian sesuai dengan tugasnya masing-masing, yaitu bagian tampak depan (front service) dan bagian tampak belakang (back service).
  • F&B bagian depan (front service)
Biasanya terdiri dari restoran, bar, dan room service. Petugas di bagian ini langsung berhubungan dengan para tamu.
  • F&B bagian belakang (back service)
Biasanya terdiri dari bagian dapur, service bar, dan kantin Disebut back service karena langsung berhubungan dengan tamu.

Tujuan Food and Beverage

  • Menjual makanan dan minuman sebanyak-banyak nya sehingga mendapatkan pelanggan yang banyak
  • Memberikan pelayanan sebaik mungkin hingga tamu merasa puas.
  • Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya

0 Response to "Pengertian Food & Beverage Service Beserta Tugas dan Tanggung jawab dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->